Selasa, 31 Mei 2016

MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RESMIKAN SMART KAMPUNG


Desa Karetan – Selasa (31/5), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, meluncurkan program "Smart Kampung" di Perkebunan Kalibendo, Kabupaten Banyuwangi. Rudiantara mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dalam menjadikan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) sebagai instrumen untuk meningkatkan pelayanan publik, menambah pengetahuan warga, dan menggerakkan perekonomian lokal.
"Biasanya yang concern pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bentuknya adalah pemerintah tingkat kota. Saya salut dengan Banyuwangi yang berupaya menggerakkan desa-desa di pelosok untuk memanfaatkan instrumen TIK untuk pelayanan publik, pengembangan SDM, sekaligus meningkatkan ekonomi," kata Rudiantara.
Rudiantara menambahkan, pemerintah pusat berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan TIK di daerah-daerah, termasuk Banyuwangi.
"Dengan TIK seperti di Banyuwangi ini, warga dimudahkan. Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan. Smart Kampung di Banyuwangi ini saya lihat sudah di atas rata-rata desa di Indonesia. Saya berharap ini dijadikan contoh di Indonesia. Saya akan minta untuk diduplikasi sebagai percontohan program nasional kami di desa-desa di seluruh Indonesia," ujarnya.
Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan, "Smart Kampung" sendiri merupakan program pengembangan desa yang digagas Pemkab Banyuwangi. Program ini, mendesain desa mempunyai kerangka program terintegrasi yang memadukan antara penggunaan TIK berbasis serat optik, kegiatan ekonomi produktif, kegiatan ekonomi kreatif, peningkatan pendidikan-kesehatan, dan upaya pengentasan kemiskinan.
"Program ini kami gagas untuk mendekatkan pelayanan publik hingga ke level desa. Program ini sudah trial and error tiga bulan, dan baru sekarang diluncurkan. Tentu ke depan terus disempurnakan," ujar Anas.


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar