Senin, 27 April 2015

PROFIL DESA KARETAN

  Desa Karetan  adalah sebuah desa di wilayah Kabupaten Banyuwangi yang terletak di wilayah  selatan dan, tepatnya kurang lebih 45 km dari pusat pemerintahan kabupaten ke arah selatan jalur menuju Desa Karetan. Secara administratif Desa Karetan  masuk wilayah Kecamatan Purwoharjo , dengan batas-batas; bagian Utara berbatasan dengan Desa Purwoharjo  Kecamatan Purwoharjo, bagian Timur berbatasan dengan Desa Glagahagung Kecamatan Purwoharjo, bagian Selatan berbatasan dengan Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo  dan Sebelah Barat perbatasan Dengan Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo.
  
  Pada jaman dahulu sekitar tahun 1915  di wilayah Kabupaten Banyuwangi bagian selatan, tepatnya di sebelah Utara Gumukmurti , Konon Kabarnya ada sekelompok orang yang berasal dari Malang Selatan yang dipimpin oleh  SAWIRONO. Adapun tujuan dari kelompok itu adalah untuk membuka hutan yang akan dijadikan perkampungan dan lahan pertanian.
  Setelah beberapa tahun mereka bermukim disana tepatnya di ( lokasi Pasar Desa Karetan saat ini ) kelompok tersebut semakin berkembang, sehinga kemudian terbentuklah sebuah perkampungan yang dipimpin oleh seorang yang sangat disegani pada saat itu yaitu Sawirono 
  Dibawah kepemimpinan Sawirono Perkampungan yang sebelumya dihuni oleh beberapa Kepala Keluarga saja kemudian kian berkembang dan kampung tersebut di beri nama  Karetan. Pemberian nama tersebut konon bermula dari kata “Karet” yang berarti pohon yang menghasilkan getah karet, karena pada saat itu banyak pohon  Karet yang ditebang maka lambat laun muncul nama Karetan.
  Tahun demi tahun Karetan terus berkembang sehinga berubah menjadi Krajan Karetan. Seiring dengan perkembangan jaman serta perubahan Peraturan Pemerintah tentang Pemerintahan Desa,  Krajan Karetan berubah nama menjadi Dusun Karetan dan dibawah Pemerintahan Desa Glagahagung saat itu.

  Kemudian pada tahun 1998 atas keinginan  Tokoh Masyarakat serta didukung oleh seluruh lapisan  masyarakat   Dusun Karetan kemudian pisah dengan Desa Glagahagung Pada tahun 1998 – 1999 ditunjuklah Bapak Sudarminto sebagai Pjs ( pejabat sementara ) Kepala Desa Persiapan Karetan.
  Pada tahun itu juga desa Pesiapan Karetan dimekarkan  menjadi  2  ( dua ) Dusun  yaitu : Dusun Sidodadi dan Dusun Sidoagung. Kemudian pada tahun 1999  diadakan kembali penujukan Pj Kepala Desa Persiapan Karetan pada saat itu ditunjuklan Bapak  SAMSUDI sebagai Pj , bapak Samsudi adalah Staf Kecamatan Purwoharjo yang berdomisili atau penduduk Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo . Kepala Desa Persiapan Karetan . selajutnya pada tanggal 14 Mei  tahun 2000  kemudian Desa Persiapan Karetan diresmikan menjadi Desa Devinitif. Kemudian pada tahun 2001, Pemerintah Desa Karetan mengadakan pemilihan Kepala Desa untuk yang pertama kali dengan tiga colon Kepala Desa Karetan yaitu Bapak Kartolo, Bapak Kadeni , Bapak Joko Wasito. Dan pada akhirnya pada pemilihan tersebut di menangkan  oleh Bapak Kadeni. 

  Pada tanggal . 20 Juni 2001 Bapak  Kedeni dilantik sebagai Kepala Desa Karetan . Dalam kepemimpinan Pemerintahanya hanya berjalan 2 tahun ,  dan tepatnya pada tanggal 10 September 2003  Beliau meningal Dunia saat menjalankan tugas Sebagai Kepala Desa. 

  Pada tanggal 17 September 2003  ditujuklah kembali Bapak Sudarminto sebagai Pj. Kepala Desa Karetan sampai tahun 2007 . Dan jabatan Beliau pada saat itu adalah Kepala dusun Sidoagung desa Karetan. 

  Selanjutnya Pemerintah Desa Karetan mengadakan pemilihan Kepala Desa untuk yang kedua  kali  . dan pada saat itu  ada dua colon Kepala Desa Karetan yaitu Bapak Suroso Hadi Wardoyo dan Bapak Gimo Purwoko  Dan pada akhirnya pada pemilihan tersebut di menangkan  oleh Bapak Gimo Purwoko
Pada tanggal 28 September 2007  Bapak  Gimo Purwoko  dilantik sebagai Kepala Desa Karetan hingga saat ini . 
  Demikian Sejarah  Desa Karetan yang bisa digali melaluli informasi sesepuh Desa Karetan yang masih hidup dan para tokoh masarakat di Desa Karetan , semoga bisa menjadi pengetahuan dan pengalaman khususnya bagi generasi muda Desa Karetan yang akan melanjutkan estapet kepemimpinan dimasa akan datang.
    
  Dengan luas wilayah 864,93 Ha (sumber: Data Desa Karetan Kecamatan Purwoharjo Tahun 2010 ), Desa Karetan merupakan desa yang paling kecil / sempit wilayahnya di Kecamatan Purwoharjo. Dari luas wilayah tersebut sekitar 580,22 ha   berupa lahan hutan,  sawah; 195,87 ha,  sekitar  88, 84 ha adalah permu-kiman  lain-lain meliputi wilayah bangunan, pasar, jalan, sekolah, tempat ibadah,  dan tanah tidak produktif lainnya.
    Topografi Desa Karetan  berupa da-taran tinggi yang sebagian wilayahnya dikelilingi oleh  hutan. Suhu udara rata-rata di Desa Karetan berkisar 33 °C, dengan ketinggian rata-rata dari permuka-an air laut ± 35 m dpl, sedangkan curah hujan rata-rata tiap tahun berkisar 1000 – 2000 mm, dengan demikian kondisi alam Desa Karetan  cukup panas . 

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. bagi yang ingin mendapatkan info mengenai desa-desa di Banyuwangi kunjungi http://desa-banyuwangi.blogspot.co.id/

    BalasHapus