Senin, 25 Mei 2015

SOSIALISASI PROGRAM PBDT (PEMUTAKHIRAN BASIS DATA TERPADU) DI DESA KARETAN



Desa Karetan - Desa Karetan mendapat sosialisasi program Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) tahun 2015 di Balai Desa Karetan pada hari Senin 25 Mei 2015 pada pukul 19.00 WIB. Sosialisasi tersebut diikuti oleh berbagai elemen masyarakat antara lain Kepala Desa Karetan, Kepala Dusun, ketua RT/RW, dan beberapa tokoh masyarakat. Dalam pemaparannya, fasilitator mengatakan program ini adalah untuk memutakhirkan data dan mengetahui siapa saja warga yang termasuk dalam kategori miskin atau kurang mampu.

“Program ini pada intinya untuk memutakhirkan data penduduk dan untuk mengetahui  siapa saja warga yang memang berhak untuk mendapat prioritas bantuan-bantuan dari pemerintah. Agar tepat sasaran dalam rangka penanggulangan kemiskinan.” Katanya.

BDT merupakan sebuah sistem basis data yang dapat digunakan untuk perencanaan program perlindungan sosial yang menyediakan nama dan alamat calon penerima bantuan sosial, baik rumah tangga, keluarga maupun individu berdasarkan pada kriteria-kriteria sosial-ekonomi yang ditetapkan oleh pelaksana program dan bertujuan memperbaiki kualitas penetapan sasaran program-program perlindungan sosial.

Seperti kita ketahui, Pendataan PBDT melibatkan pemerintah daerah, kecamatan, lurah/kepala desa, hingga ketua RTdan RW. Selain itu, juga dilakukan melalui tahapan forum konsultasi publik (FKP), di mana dalam forum itu, masyarakat, tokoh masyarakat bisa memberikan masukan data yang tepat untuk Rumah Tangga Sasaran.

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. tolong lembaga pendidikan yang ada di Karetan termasuk Pondok pesantren dan seluruh unit pendidikan juga di publikasikan,karena termasuk aset yang membanggakan di desa kita tercinta ini,ok...!

    BalasHapus