Senin, 04 Mei 2015

TOUR DE BANYUWANGI IJEN 2015



Desa Karetan - Penyelenggaraan balap sepeda berskala international, Tour de Banyuwangi Ijen, yang berlangsung 6-9 Mei 2015 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab tiga dari empat etape yang dilombakan akan berakhir di satu titik yang sama, yakni Lapangan Blambangan. Sedangkan pada penyelenggaraan sebelumnya, titik awal (start) dan akhir (finish) seluruh etape di lokasi berbeda.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, dijadwalkan akan membuka kejuaraan tahunan tersebut pada Selasa, 5 Mei 2015, pukul 15.00 WIB. Kejuaraan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tersebut rencananya diikuti 20 tim dari 25 negara.

Beberapa negara yang akan ikut ambil bagian antara lain Prancis, Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Iran, Spanyol, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, China, Italia, Uzbekistan, dan Indonesia.

Rute menuju Gunung Ijen berada dalam etape ketiga yaitu pada hari jumat tanggal 8 Mei 2015. Pada etape ini start berada di TPI Muncar, kemudian melewati Koramil Muncar, Tembokrejo,Patok Suwelas, Dam Telu, Kedung Gebang, Sumber Kepuh, Kedung Wungu, Kedung Asri, Kalipait, Kendalrejo, Purwoagung, Bedul, Sumberasri, Curahjati, Karetan, Purwoharjo, Kradenan, Simbar, Tampo, Benculuk, Sraten, Srono, Kebaman, Wagud, Blambangan Muncar, Gumuk Kantong, Sumbersewu, Kemendung, Bomo, Patoman, Blimbing Sari, AIL Rogojampi, Karangbendo, Poliwangi, Laban asem, Pakistaji, Macan Putih, DPRD Banyuwangi, Simpang Lima Banyuwangi, Stadion Diponegoro, Cungking, Sasakperot, jelun, Licin, Jambu, dan berakhir di Paltuding Ijen.

Pada Etape Tiga ini peserta menempuh jarak 123 Kilometer dan Etape ini dikenal sebagai etape neraka, karena pembalap harus menaklukan tanjakan setinggi 2.799 meter dari permukaan laut dengan kemiringan hingga 45 derajat.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar