Minggu, 24 Mei 2015

DESA KARETAN SEBAGAI PILOT PROJECT PROGRAM JALIN MATRA PK2 2015


Desa Karetan - Desa Karetan merupakan salah satu dari 6 desa di Kabupaten Banyuwangi yang menjadi desa percontohan untuk mendapatkan bantuan Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur berupa program Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2)

Dalam program ini Desa Karetan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp. 75.000.000, (Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah). Sedangkan data RTS (Rumah Tanngga Sasaran) yang terdata untuk Program PK2 sebanyak 277 RTS. Akan tetapi data tersebut masih perlu difalidasi terlebih dahulu agar dana Jalin Matra PK2 tersebut tepat sasaran.Selain Desa Karetan beberapa desa di Kabupaten Banyuwangi yang menjadi Pilot Project Jalin Matara PK2 diantaranya desa Sokonatar, Desa Sumbersari, Desa Songgon, Desa Tamansuruh, dan Desa Bumiharjo

Pemprov Jatim berkomitmen terus menanggulangi kemiskinan untuk pembangunan di Jatim. Data sepanjang periode 2009-2014, pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota telah melaksanakan berbagai program penanggulangan kemiskinan multi sektoral dan multi dimensional.




Dalam penjelasannya beberapa waktu lalu, Gubernur Soekarwo menganggarkan Rp 100 miliar yang mulai dijalankan Tahun 2015 sampai 2019. Ia mengatakan, pada tahun lalu telah dilaksanakan pilot proyek bagi 3.309 kepala rumah tangga perempuan dan tahun 2015 direncanakan 14.655 kepala rumah tangga perempuan.

“Tujuannya, membantu mendorong ketahanan sosial ekonomi kepala rumah tangga perempuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar, dan memotivasi berusaha (need for achivement) dan kemampuan (litle skill) dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya,” jelas Pakde Karwo

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar