Kamis, 07 Mei 2015

INTERNATIONAL TOUR DE BANYUWANGI IJEN ETAPE III MELEWATI DESA KARETAN




Pada hari ini, Jumat (8/5), Pembalap yang terlibat dalam International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) akan memasuki etape ketiga yang merupakan etape "neraka" menuju kaki Gunung Ijen.

Para pembalap bakal menanjak hingga ke ketinggian 1.871 meter di atas permukaan laut yang memiliki level tertinggi di balap sepeda (hors categorie). Jarak yang ditempuh pada etape ketiga ini adalah 123,5 kilometer.
Tanjakan menuju Gunung Ijen di Banyuwangi, dikenal sebagai salah satu yang terekstrem di Asia karena berada di ketinggian lebih dari 1.871 meter di atas permukaan laut (mdpl), melampaui tanjakan di Genting Highland dalam Tour de Langkawi Malaysia yang berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl.
Sejumlah pembalap spesialis tanjakan (climber) diprediksi bakal merajai etape ketiga. Salah seorang climber yang diunggulkan adalah pembalap asal Perancis, Peter Pouly, dari Singha Infinite Team.

Pada Etape ketiga ini start berada di TPI Muncar pada pukul 08.00, kemudian melewati Koramil Muncar, Tembokrejo,Patok Suwelas, Dam Telu, Kedung Gebang, Sumber Kepuh, Kedung Wungu, Kedung Asri, Kalipait, Kendalrejo, Purwoagung, Bedul, Sumberasri, Curahjati, Karetan. Para peserta ITdBI melintasi Desa Karetan tepat pada pukul 09.03 WIB.
Kemudian melintasi  Purwoharjo, Kradenan, Simbar, Tampo, Benculuk, Sraten, Srono, Kebaman, Wagud, Blambangan Muncar, Gumuk Kantong, Sumbersewu, Kemendung, Bomo, Patoman, Blimbing Sari, AIL Rogojampi, Karangbendo, Poliwangi, Laban asem, Pakistaji, Macan Putih, DPRD Banyuwangi, Simpang Lima Banyuwangi, Stadion Diponegoro, Cungking, Sasakperot, jelun, Licin, Jambu, dan berakhir di Paltuding Ijen.

International Tour de Banyuwangi Ijen akan berakhir Sabtu (9/5) dengan etape keempat dengan rute sepanjang 114,4 kilometer. ITdBI adalah ajang balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin (calendar of event) Persatuan Balap Sepeda Internasional Internasional (Union Cycliste Internationale / UCI).



Tahun ini, ITdBI diikuti para 99 pebalap dari puluhan negara, antara lain, Perancis, Belanda, Kolombia, Kanada, Jepang, Singapura, Thailand, Iran, Spanyol, Filipina, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, Tiongkok, Thailand, Selandia Baru, Rusia, Portugal, Taiwan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan. Mereka tergabung ke dalam 20 tim yang terdiri atas 14 tim luar negeri (termasuk continental team) dan 6 tim dalam negeri.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar